Kejari Indramayu Amankan Buronan Tipikor Pengadaan Pupuk Subsidi

Tim tangkap buronan (Tabur) Kejari Indramayu mengamankan buronan Tipikor pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi atas nama Terpidana Iman Supardi, yang sempat lolos dari penyergapan.

“Terpidana menggunakan mobil HRV warna merah dengan nomor polisi E 1397 QC yang sering melintas di Jalan Raya Pantura Patrol, berada di Jalan Desa Sumuradem Timur, dan setelah mendapatkan informasi tersebut, selanjutnya tim melakukan pemantauan dan melihat mobil HRV warna merah tersebut melintas di Jalan Raya Pantura Patrol. Terpidana menancap gas mobilnya dan melarikan diri ke arah Pamanukan,” jelas Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Santu (6/11/2021).

Kemudian pada Sabtu (23/10/2021), Tim Tabur Kejari Indramayu kembali melakukan pencarian terhadap mobil milik Terpidana, dan ditemukan berada di sebuah bengkel mobil yang berada di Desa Patrol, dan Tim kembali segera melakukan pemantauan. Lalu pada malam harinya, tim melihat dua orang yang mengganti plat nomor mobil tersebut. Dibantu Resmob Polres Indramayu, tim mengamankan mobil milik Terpidana dan dua orang tersebut ke Polsek Patrol.

Selanjutnya, tim menggali informasi dua orang tersebut, yang salah satunya merupakan anak Terpidana dan setelah mendapatkan informasi, Tim Tabur Kejaksaan Negeri Indramayu dengan dibantu Tim Resmob Polres Indramayu kembali melakukan pencarian di sekitar kediaman Terpidana dan tempat lainnya yang diduga sebagai tempat persembunyian Terpidana, serta terus melakukan pendekatan kepada anak dan saudara dari Terpidana.

“Pada Jumat 5 November 2021 pukul 13.00, Terpidana menyerahkan diri ke Kantor Kejari Indramayu dengan didampingi keluarga, dan selanjutnya terhadap Terpidana dilakukan pemeriksaan administrasi dan setelah dinyatakan lengkap, Terpidana dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Indramayu guna dilakukan eksekusi,” ungkap Kapuspenkum.

Dijelaskan Leo Simanjuntak, berdasarkan Putusan Mahkamah Agung Nomor 1016 K/Pid.Sus/2013 tanggal 3 Juni 2015, Terpidana Iman Supardi bin Usman dinyatakan bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Subsidi sekitar kurang lebih 300 ton, yang mengakibatkan kerugian keuangan negara Rp877,5 juta dan dijatuhi hukuman pidana penjara selama empat tahun dan denda Rp200 juta subsidair selama enam bulan serta uang pengganti sebesar Rp73,125 juta subsidair satu bulan kurungan.

Sejak keluarnya putusan Mahkamah Agung tersebut, Jaksa Penuntut Umum telah melakukan panggilan beberapa kali kepada Terpidana, namun tidak diindahkan Terpidana. “Tim Kejari Indramayu terus melakukan upaya dan berkoordinasi dengan Kejati Jawa Barat dan aparat penegak hukum lainnya untuk melakukan pencarian di kediaman dan di tempat-tempat lain yang diduga sebagai tempat persembunyian terpidana,” pungkas Kapuspenkum. (RILIS PUSPENKUM KEJAGUNG)

Total Views: 492 ,

Terkini

Wuling Experience Weekend Lokasinya di The Forum Atrium Mal Kelapa Gading 3

Wuling Motors hari ini menggelar Wuling Experience Weekend (WEW):...

IMI Siap Gelar FIM MiniGP Indonesia Series 2022

Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI)...

Tata Ruang Dapur yang Nyaman, Inilah Tips dari IKEA yang Jangan DiLewatkan

Area dapur dan ruang makan menjadi elemen hunian yang...

Telkomsel Melalui MAXstream Rilis Film Orisinal ‘Mengejar Surga’

Sebagai upaya mempertegas komitmennya untuk menjadi The Home of...
spot_imgspot_img

Wuling Experience Weekend Lokasinya di The Forum Atrium Mal Kelapa Gading 3

Wuling Motors hari ini menggelar Wuling Experience Weekend (WEW): Experience the Next Innovation, berlokasi di The Forum Atrium, Mal Kelapa Gading 3, Jakarta Utara....

IMI Siap Gelar FIM MiniGP Indonesia Series 2022

Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua Umum Internasional dan Event IMI Pusat Happy Harinto mematangkan persiapan...

Tata Ruang Dapur yang Nyaman, Inilah Tips dari IKEA yang Jangan DiLewatkan

Area dapur dan ruang makan menjadi elemen hunian yang tak luput dari estetika dalam menata desain interior. Tak hanya digunakan untuk kegiatan memasak dan...