Perintah Jaksa Agung, Segera Tetapkan Tersangka Proyek Satelit Kemenhan

Jaksa Agung RI Sanitiar Burhanuddin menyatakan hasil gelar perkara dugaan korupsi proyek pengadaan satelit slot orbit 123° Bujur Timur (BT) pada Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tahun 2012-2021, menunjukkan adanya dua unsur tindak pidana korupsi, yang diduga ada keterlibatan dari unsur TNI dan unsur Sipil. Sehingga, tegas Jaksa Agung, para peserta dalam gelar perkara tersebut sepakat penanganannya secara koneksitas.

“Saya selaku Jaksa Agung Republik Indonesia, sesuai dengan Pasal 39 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, akan mengkoordinasikan dan mengendalikan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan tindak pidana korupsi yang dilakukan bersama-sama oleh orang yang tunduk pada Peradilan Umum dan Peradilan Militer,” ujar Jaksa Agung saat menggelar konferensi pers di Lantai I Gedung Menara Kartika, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/2/2022).

Puspenkum Kejagung dalam keterangannya mengungkapkan, hadir mendampingi Jaksa Agung antara lain JAM Pidsus Febrie Adriansyah, Jaksa Agung Muda Pidana Militer (JAM Pidmil) Laksamana Muda Anwar Saadi, Direktur Penyidikan JAM Pidsus Supardi, Plt Direktur Penuntutan JAM Pidsus Sudarwidadi, Direktur Penuntutan JAM Pidmil Agus Salim, serta Kepala Pusat Penerangan Hukum Leonard Eben Ezer Simanjuntak.

Sedangkan dalam gelar perkara, sebagaimana disampaikan Jaksa Agung, hadir antara lain JAM Pidsus beserta jajarannya dan Tim Penyidik, JAM Pidmil dan jajarannya, Pusat Polisi Militer Tentara Nasional Indonesia (Puspom TNI), Badan Pembinaan Hukum Tentara Nasional Indonesia (Babinkum TNI), dan pihak dari Kementerian Pertahanan.

Selanjutnya Jaksa Agung memerintahkan JAM Pidmil segera melakukan koordinasi dengan POM TNI dan Babinkum TNI, untuk membentuk Tim Penyidik Koneksitas perkara tersebut, dan diharapkan Tim Penyidik Koneksitas segera dapat menetapkan tersangka. (RILIS PUSPENKUM KEJAGUNG)

 

Total Views: 101 ,

Terkini

Wuling Experience Weekend Lokasinya di The Forum Atrium Mal Kelapa Gading 3

Wuling Motors hari ini menggelar Wuling Experience Weekend (WEW):...

IMI Siap Gelar FIM MiniGP Indonesia Series 2022

Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI)...

Tata Ruang Dapur yang Nyaman, Inilah Tips dari IKEA yang Jangan DiLewatkan

Area dapur dan ruang makan menjadi elemen hunian yang...

Telkomsel Melalui MAXstream Rilis Film Orisinal ‘Mengejar Surga’

Sebagai upaya mempertegas komitmennya untuk menjadi The Home of...
spot_imgspot_img

Wuling Experience Weekend Lokasinya di The Forum Atrium Mal Kelapa Gading 3

Wuling Motors hari ini menggelar Wuling Experience Weekend (WEW): Experience the Next Innovation, berlokasi di The Forum Atrium, Mal Kelapa Gading 3, Jakarta Utara....

IMI Siap Gelar FIM MiniGP Indonesia Series 2022

Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua Umum Internasional dan Event IMI Pusat Happy Harinto mematangkan persiapan...

Tata Ruang Dapur yang Nyaman, Inilah Tips dari IKEA yang Jangan DiLewatkan

Area dapur dan ruang makan menjadi elemen hunian yang tak luput dari estetika dalam menata desain interior. Tak hanya digunakan untuk kegiatan memasak dan...